‘Putih’, Single Terbaru Efek Rumah Kaca

Setelah merilis “Biru” yang memuat dua lagu berjudul “Pasar Bisa Diciptakan” dan “Cipta Bisa Dipasarkan” pada awal Agustus lalu, Efek Rumah Kaca kembali melepas gratis materi anyar mereka yang diberi judul “Putih”–yang terdiri dari dua fragmen lagu “Tiada” dan “Ada”–melalui akun Soundcloud mereka.

Efek Rumah Kaca menjelaskan bahwa materi berdurasi hampir sepuluh menit tersebut sudah mulai direkam pada 2010. “Ide tentang ‘Tiada’ didapatkan dari hasil obrolan dengan seorang teman yang bernama Adi Amir Zainun, yang pada akhirnya pergi meninggalkan kami menuju kekekalan sebelum lagu ini selesai dikerjakan. Sedangkan ide tentang ‘Ada’ bermula dari kebahagiaan akan lahirnya anak-anak kami, penerus-penerus kami, harapan-harapan kami. Lagu ini kami dedikasikan untuk mereka,” ungkap pihak Efek Rumah Kaca.

Keluarga sebagai tema besar materi “Putih” didorong oleh fakta bahwa merekalah salah satu inspirasi dan dukungan terbesar bagi band. Menurut Cholil Mahmud (gitar/vokal), Adrian Yunan Faisal (bass), dan Akbar Bagus Sudibyo (drum), keterlibatan  anggota keluarga inti dan keluarga dekat dalam proses bermusik bisa memperkaya musikalitas mereka.

Dikutip dari Rolling Stone Indonesia.

Putih_Artwork Efek Rumah Kaca
Putih
Efek Rumah Kaca
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img