Legenda Jazz Indonesia, Ireng Maulana, Tutup Usia

Dunia musik tanah air mendapat kabar duka. Musisi jazz senior Indonesia, Ireng Maulana, meninggal dunia di usia 71 tahun, Minggu dini hari tadi (6/3/2016).

Kabar duka itu muncul di tengah kemeriahan perhelatan Java Jazz Festival 2016 hari kedua. Meninggalnya musisi bernama lahir Eugene Lodewijk Willem Maulana itu dikabarkan langsung melalui layar video yang terpasang di seluruh panggung BNI Java Jazz Festival 2016 yang digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (6/3/2016).

Ireng sempat mendirikan grup Ireng Maulana All Stars pada 1978 dengan 8 anggota, diantaranya Benny Likumahuwa (trombone), Hendra Wijaya (piano), Maryono (saksofon), Benny Mustapha (drum), Karim Tes (terompet), Roni, (bas), dan Ireng Maulana sendiri pada gitar dan banjo.

Dari kelompok ini terbentuklah Ireng Maulana Associates, sebuah organisasi tempat bergabung para musisi jazz di Jakarta. Melalui lembaga ini pula Ireng menyelenggarakan pesta musik jazz Internasional Jakarta Jazz Festival. Selain itu ia juga pernah ikut tampil di North Sea Jazz Festival di Belanda.

Rest in Love, Ireng Maulana.