Behind The Recording of Janji Joni Soundtrack 2005

Janji Joni adalah sebuah film Indonesia yang dirilis tahun 2005 dan disutradai oleh Joko Anwar. Film ini menampilkan Nicholas Saputra dan Mariana Renata sebagai pemeran utamanya. Dengan story line yang beda dengan film-film Indonesia lainnya pada saat itu, Janji Joni menjadi film yang wajib ditonton. Selain film, soundtrack untuk film ini pun digarap sangat apik. Berikut cerita tentang penggarapan album soundtrack Janji Joni yang mod-o dapat dari akun Facebook Iman Fattah.

11 tahun lalu, di studio di bilangan jalan Brawijaya yang sekarang sudah tidak ada, saya sedang berbuka puasa di studio yang bernama Pendulum itu. Lalu saya diajak oleh kawan saya Age Airlangga untuk ikut membantu dan bersenang-senang memproduksi musik untuk film.

Eh, apa? Musik film? pendidikan saja tidak selesai, bermusik juga hanya sesuai intuisi lalu dapat tawaran ini? ya hayuk lah saya pikir, karena saya kira, ini adalah film independen suka-suka, jadi atas dasar nekad, saya terjun membantu kawan saya itu. Toh dia bilang ini untuk senang-senang saja. Kebetulan sutradaranya adalah seorang kawan yang sudah saya kenal juga bernama Joko Anwar.

Waktu itu, rekan saya bernama David Tarigan baru merintis record label bernama Aksara Records yang menjadi satu kesatuan dengan Aksara bookstore, sebuah toko buku dan musik di bilangan Kemang yang sangat hip waktu itu. David mengajak beberapa band yang dikenal dan dikurasinya untuk ikut mengisi album kompilasi pertama Aksara Records yaitu J.K.T.S.K.R.G.

Seperti sudah ditakdirkan, pertemuan antara Joko Anwar, Age Airlangga dan David Tarigan serta Aksara records membuahkan hasil sebuah karya yang..mungkin bisa dibilang menandakan jamannya. Film yang diberi judul “Janji Joni” ini berisi band-band yang saat itu mayoritas bernaung dibawah label Aksara Records. Disaat yang sama juga, band-band ini kebetulan sedang melakukan sesi rekaman di studio tersebut untuk debut album pertama mereka seperti The Adams, Goodnight Electric, Whiteshoes and The Couples Company, Tika, Zeke and The Popo dan Sore, sehingga lagu mereka sekalian saja dimasukan di soundtrack Janji Joni.

Mungkin foto-foto ini kualitasnya jelek, blur dan under expose, tetapi inilah sedikit dokumentasi dari balik layar produksi soundtrack film Janji Joni.

Those crazy and reckless days..

*foto dari Facebook Age Airlangga.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img