‘Clouds of Jakarta’, Sebuah Ode dan Single Terbaru Oscar Lolang


Penyanyi dan penulis lagu bernuansa folk, Oscar Lolang, resmi merilis single terbaru yang diberi tajuk Clouds of Jakarta. Lagu ini diambil dari album penuh perdananya berjudul Drowning in a Shallow Water yang akan segera rilis di bulan Agustus di bawah naungan label rekaman asal Jakarta, Karma Records.

Clouds of Jakarta merupakan sebuah ode untuk sang ibukota yang merupakan kota kelahiran Oscar. Di dalamnya, Oscar mengungkapkan berbagai ironi yang dirasakannya terhadap Jakarta dalam bentuk simbol-simbol; kebencian, tawa, kesenjangan, hingga kerinduan. Oscar menggambarkan Jakarta sebagai wadah kehidupan yang kompleks, dikemas dengan lirik-lirik yang masih terkesan sinis.

Dari segi komposisi musik, ada sedikit perbedaan antara Clouds of Jakarta dengan Eastern Man atau Little Sunny Girl (dua single sebelumnya). Oscar membawa pendekatan baru dengan menaburkan unsur-unsur eksploratif yang membuatnya terkesan ‘megah’ sekaligus cenderung depresif. Hal ini tidak lepas dari masukan Dimas Randhan selaku produser. Walau begitu, pengaruh dari musisi seperti Nick Drake, Bob Dylan, atau Simon & Garfunkel masih terasa sebagai referensi terbesar Oscar dalam bermusik.

“Lagu ini dipilih sebagai single pertama untuk menyambut album perdana saya karena cukup menggambarkan kalimat Drowning in a Shallow Water. Di satu titik, saya merasa Jakarta memaksa kita untuk datang dan memilikinya, tapi tidak ada kehangatan disana. Ada banyak hal-hal yang masih tidak bisa saya sentuh, dan saya sudah tenggelam di sana,” tutur Oscar.

Clouds of Jakarta sudah dapat didengarkan melalui kanal YouTube resmi Karma Records, maupun layanan streaming digital yang tersedia seperti iTunes, Spotify, dan lain-lain.
“Lagu ini memberi gambaran bagaimana album Drowning in a Shallow Water nanti. Sekaligus menjadi gerbang awal yang mengajak pendengar masuk kepada banyak kejutan yang ada di dalamnya,” tutup Dhiwangkara Seta sebagai perwakilan dari Karma Records.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img