Ikkubaru Akan Gelar Showcase Perdana di Music Chamber

MUSIC CHAMBER adalah sebuah program rutin yang disenggelarakan oleh Lawangwangi Creative Space. Setiap pertunjukan Music Chamber adalah pertunjukan musik yang berbeda antara satu dan yang lainnya. Konsep dalam Music Chamber ini adalah sebuah mini showcase yang disenggelarakan di amphitheatre Lawangwangi dengan bekerja sama dengan seniman-seniman musik dari kota Bandung. Program Music Chamber ini telah dimulai sejak tahun 2014 yang lalu, hingga saat ini telah memasuki edisi ke lima belas. Dalam Kesempatan Music Chamber #15 ini, Lawangwangi bekerja sama dengan Monolite, menghadirkan Ikkubaru dalam showcase mereka yang bertajuk “Skyline” yang akan disenggelarakan pada Jumat, 13 April 2018 mulai jam 7 malam.

Di pertengahantahun 2017, grup musik yang mengusung genre city pop tersebut, telah sukses melakukan serangkaian tour ke negeri “matahari terbit”, Jepang, terhitung 4 Agustus sampai 12 Agustus 2017. Band beranggota Muhammad Iqbal (Vocal, Keyboard, Guitar), Rizki Firdausahlan (Vocal, Guitar), Muhammad Fauzi Rahman, (Bass) dan Banon Gilang (Drum) ini tampil di 3 kota, yakni Osaka, Nagoya dan Tokyo.

Di Jepang, Ikkubaru tampil di 5 buah gigs yang dibagi dalam 3 kota. Di kota Osaka, Ikkubaru tampil di acara “Merry Time In The Party” bersama EASYCOME dan HER SERVE di The Good thing pada tanggal 4 Agustus 2017. Pada 5 Agustus 2017 mereka tampil dalam acara release party dari album “RE:WIND – Takashi Fujii”, bersama Takashi Fujii, MonariWakita, dan PARKGOLF di Sunhall OSAKA. Tour berlanjut pada tanggal 10 Agustus 2017 di kota Nagoya, dalam kesempatan ini Ikkubaru mengawal Band kenamaan asal Tokyo, TWEEDEES yang merilis mini album bertajuk “a la mode” bersama Miho Tsujibayashi yang sebelumnya pernah melakukan kolaborasi bersama dengan ikkubaru pada tur pertama di tahun 2015 silam. Sebagai penutup tour di kota Tokyo, tepatnya 12 Agustus 2017, Ikkubaru tampil pada pameran seniman kesohor yang pernah membuatkan cover album untuk piringan hitam “Amusement Park” dan EP “Brighter”, yakni HiroshiNagai. Disini, mereka ditemani oleh band Tokyo, BWP & FUNKY HEADLIGHTS.

Tour yang mengusung tajuk “SKYLINE Tour” sendiri merupakan lawatan Ikkubaru kali ke 3 ke Jepang, bertujuan mempromosikan karya terbaru berjudul “Skyline”— yang di dalamnya terdapat 2 buah lagu yaitu, “Skyline” dan “Cloudless Night” yang keduanya menggunakan lirik bahasa Jepang, yang diproduksi secara terbatas oleh label setempat Hope You Smile dalam format cakram padat. Tour sendiri merupakan hasil kerjasama Hope You Smile bersama Monolite selaku label Ikkubaru untuk pasar Indonesia.

Serangkaian tour Ikkubaru ke Jepang itulah yang lantas membuat Lawangwangi dan Monolite menghadirkan secara spesial mini showcase “Skyline” ke tanah kelahiran Ikkubaru. Dengan kata lain mini showcase ini adalah bentuk euforia dari apa yang telah Ikkubaru lakukan di Jepang, baik tour atau mengenalkan single teranyar mereka. Nuansa yang menjadi ciri khas dari venue sendiri menjadi satu paket yang utuh dengan tajuk mini showcase, apalagi faktanya ini adalah pertunjukan tunggal perdana Ikkubaru sejak mereka terbantuk 6 tahun silam.

Ikkubaru akan tampil dengan beberapa kolaborator seperti Imam dari band Lightcraft, Dhira Bongs dan Hariz Lasa dari band Trou & Ping Pong Club yang membawakan repertoar dari Ikkubaru, baik dari ruang lingkup seni musik atau jenis kesenian lainnya. Ikkubaru sendiri akan tampil selama 1,5 jam dengan merepresentasikan seluruh karya yang termuat dalam album perdana “Amusement Park” dan album mini “Brighter” serta tentu saja single anyar yang juga menjadi kali perdana dibawakan dihadapan publik Indonesia. Bisa dibilang, “Skyline” ini adalah penanda bahwa Ikkubaru telah mengisi kekosongan dan memanjakan para penikmat music city pop.

Ikkubaru dibentuk pada tanggal 24 Desember 2011 di Bandung, Indonesia. Nama ikkubaru dibuat dengan mengubah nama frontman “Iqbal” menjadi romanisasi katakana Jepang. Ikkubaru banyak terpengaruh oleh lagu pop jepang era 80-an atau banyak disebut genre “City Pop” oleh orang Jepang. Ikkubaru banyak terpengaruh oleh musisi Jepang seperti Tatsuro Yamashita, Toshiki Kadomatsu, Mariya Takeuchi dan lain-lain. Ikkubaru pun telah berkolaborasi dengan banyak musisi ternama di Jepang, seperti Tofubeats, Especia, Faint Star, TWEEDEES, Kenichiro Nishihara, dan lain-lain.

Album EP pertama Ikkubaru “Heart House” dirilis oleh net label Jepang, MaltineRecords pada tahun 2012. Dan album penuh pertama “Amusement Park” berformat CD dirilis di Jepang oleh Hope You Smile Records, sebuah label independen, pada tahun 2014 dan terjual habis yang membuat nama mereka besar di Jepang. “Amusement Park” pun kemudian dirilis menjadi berbagai rilisan fisik, seperti vinyl pada tahun 2015 oleh Hope You Smile Records, lalu versi kaset pada tahun 2016 oleh label independen Indonesia Nanaba Records, dan akhirnya pada tahun 2017 mereka bisa merilis album perdana mereka dalam bentuk CD di Indonesia melalui Monolite Records yang bekerja sama dengan Misashi Records.

News
Rock N Roll Mafia Merilis Album Pendek Terbaru Berjudul Unison Band elektronik veteran asal Bandung, Rock N Roll Mafia, baru saja merilis album pendek terbaru yang diberi judul Unison. Album ini merupakan karya la...
Dengar Single Solo Terbaru Dari Olive Latuputty Olive Latuputty atau Olive merupakan penyanyi Jazz Indonesia yang mempunyai ciri khas tersendiri. Selain bergabung dengan band Parkdrive, Olive juga t...
Teddy Adhitya Siapkan Pertunjukan Merayakan Satu Tahun Album “Nothing is Real” Teddy Adhitya, penyanyi solo RnB asal Jakarta yang banyak terpengaruh oleh Brian McKnight, Music Soulchild, D’ángelo, BoyzIIMen hingga Chris Brown...
Bam Mastro Hadirkan EP Kedua, “I’m An Albino Polar Bear Living In Captivity and I Know Aliens Don’t Exist” Bam Mastro terus melanjutkan perjalanan musik dengan bernaung di bawah namanya sendiri. Setelah merilis single dan video musik dari Inamorata dan memb...
SoftAnimal Kembali Ke Era Grunge Dengan Album ‘Nanook’ SoftAnimal adalah project yang sangat personal yang pernah dibuat dimana Bayu Adisapoetra membuat semua kebutuhan yang terdapat di dalam SoftAnimal. S...