Exclusive: Souljah | mod-o
mod-o adalah media digital yang berisi streaming musik Indonesia pilihan, informasi dan berita musik Indonesia, review konser musik, dan playlist musik Indonesia terbaik.
Musik Indonesia, Indonesian Music, Curated Music, Berita Musik, Dengar Lagu Indonesia, Streaming musik indonesia, Musik Pilihan, Musik Indonesia Terbaik, Musik Indie, Indie Lokal, informasi musik indonesia, Berita Musik,
25426
page-template,page-template-full_width,page-template-full_width-php,page,page-id-25426,page-child,parent-pageid-23313,ajax_fade,page_not_loaded,,select-theme-ver-4.1,vertical_menu_enabled,side_area_uncovered,wpb-js-composer js-comp-ver-4.12,vc_responsive

Hai Souljah! Boleh diceritain bagaimana pertama kali group ini terbentuk?
Kita terbentuk di tahun 1998 waktu masih kuliah di komunikasi Universitas Indonesia. Sambil menunggu waktu kuliah iseng-iseng bikin band untuk membuang kebosanan tadinya, lalu lama lama jadi serius dan akhirnya 2005 kita ganti nama jadi SOULJAH karena nama yang lama gak cocok sama perkembangan kita sebagai band waktu itu.

Apa sih yang membuat kalian tertarik dengan genre “Jamaican Music”?
Kita suka dan tertarik dengan musik ini karena yang dikedepankan Jamaican music adalah kekompakan secara grup bukan individual. Lalu musik ini selalu membawa kita larut bukan dalam kesedihan tapi kesenangan yang tidak kita dapat di musik lain.  Jamaican music ini juga membuat kita tidak pernah lelah untuk membawakannya selama puluhan tahun.

Souljah terkenal dengan lagu yang easy listening, fun, dan dekat dengan keseharian music enthusiast. Sebenarnya apa aja pesan yang ingin Souljah sampaikan lewat musik?
Kalau secara lirik sih banyak. Kita kasih tema macem-macem dari cinta sampai ke-Tuhanan. Dari lirik yang fun sampai yang benar benar serius. Kalau secara bermusik kita mau menyampaikan pesan bahwa musik itu bukan cuma masalah jualan atau fame, musik itu masalah perjuangan dan perjuangan itu indah kalau kita bisa mencapainya walau berat dan perlu konsistensi dan konsentrasi tinggi.

Setelah malang melintang belasan tahun di dunia musik, tantangan terberat apa yang pernah kalian hadapi?
Tantangannya adalah gimana kasih musik yang selalu segar padahal kita udah punya 4 album dan telah bermusik bertahun  tahun.

Baru-baru ini kalian mengupload video klip lagu “Bilang I Love You”, boleh diceritain makna dan cerita dibalik pembuatan lagu itu?
Kita bikin klip disesuaikan sama tema lagunya aja. Karena Bilang I love you lagunya sederhana maka kita bikin klipnya ya cuma di studio background putih dan gak ada pernah pernik apapun juga selain kita having fun di lagu itu. Tapi jangan tertipu kita masukin unsur yang rumit sebenernya di video itu. Karena kita maunya klip itu warnanya sesuai bendera jamaica;hitam, kuning, hijau. Jadi kalian tidak akan liat warna lain selain itu di klip ini. sisanya BW. Coloringnya yang rumit

Di video klip itu kalian juga menyelipkan sebuah sketsa komedi yang menarik. Bagaimana ceritanya hingga kalian memutuskan untuk melakukan hal tersebut?
Kita mau kasih hiburan tambahan di setiap klip kita jadi gak cuma nonton klip dan udah itu doang. Kita mau ada hal lain yang semua penikmat musik bisa relate sama apa yang menjadi tema dari videonya. Kita brainstorming apa yang bisa dijadikan orang sebagai acuan hingga di valentine nanti lagu kita bisa membekas di pendengar kita. Ketemulah unsur sketsa dan tips how to say I love you. dan tips biar gak di tolak. Kurang lebih idenya sih itu.

Menurut kalian, sejauh ini bagaimana perkembangan scene musik bertemakan Jamaica di Indonesia? Dan apa aja harapan untuk kedepannya?
Sangat bagus. Minimal sekarang Reggae kan ada dimana mana sama SKA juga sudah mulai naik. Dan penikmatnya juga sudah mulai menggunakan atribut yang kita kasih yaitu bendera jamaica bukan merah kunih ijo ya. Lalu kita liat dimana mana sekarang tumbuh band ska,reggae baru dan juga gigsnya. Ini artinya mereka bukan jadi penikmat lagi tapi pelaku scene. Semoga sih kedepannya semakin banyak dan semakin beragam lagi band yang bisa berkecimpung di Jamaican Music.

Apa rencana jangka pendek dan jangka panjang untuk Souljah?

Kita mau bikin 17 video klip dari 17 lagu yang ada di album THIS IS SOULJAH. Sekarang sudah ada 4 video yang sudah kita bikin. MOVE ON, BILANG I LOVE YOU, JATAH MANTAN, ILL BE HOME. Tunggu lagi aja sisanya segera kita shoot. Jangka panjangnya kita mau rekaman di Jamaica. Mau dapetin rasa aslinya rekaman disana sama orang sama dengan produser orang sana mungkin. Kemaren kita di album ke 4 sudah ada 1 lagu yang diproduseri oleh Jason O’Bryan produser DUB PISTOL dari Inggris dan pengalaman itu seru buat kita.

Terima kasih banyak Souljah atas interviewnya, ada pesan untuk seluruh music enthusiasts?

STOP THINKING, START CREATING.